Pemkab dan DPRD Pelalawan Melakukan Tandatangan Nota Kesepakatan KUA PPAS APBD 2024

Wartariau.com  Pelalawan  DPRD dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan melakukan penandatanganan nota Kesepakatan  Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2024. Penandatanganan nota kesepakatan ini dituangkan pada rapat paripurna DPRD Pelalawan, Selasa (14/11/2023).

Rapat paripurna ini dipimpin ketua DPRD Baharudin didampingi wakil ketua Syafrizal. Sementara dari pemerintah dihadiri langsung bupati Pelalawan Zukri Misran, Plt Sekda Abdul Karim beserta sejumlah kepala OPD di lingkup Pemkab Pelalawan.

Menurut ketua DPRD Baharudin, bahwa penandatanganan nota kesepakatan KUA PPAS sebelumnya pembahasan secara maraton yang dilakukan tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan tim Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Pelalawan

Ketua DPRD Baharudin berharap kepada pemerintah daerah dengan dilakukan penandatanganan nota kesepakatan ini, supaya sesegera mungkin diusulkan Ranperda APBD tahun anggaran 2024.

Sementara itu Bupati Pelalawan H Zukri dalam dalam sambutannya, menyampaikan bahwa penyusunan APBD Tahun 2024 merupakan agenda pembangunan tahun ketiga pada periode RPJMD Tahun 2021-2026. Visi yang ingin dicapai adalah “Pelalawan Maju 2026 yang diartikan sebagai Pelalawan Makmur, Pelalawan Adil, Pelalawan Jaya dan Pelalawan Unggul. Visi ini dapat diterjemahkan terwujudnya Kabupaten Pelalawan sebagai pusat industri dan pariwisata yang Makmur Ekonominya, Adil dalam berkehidupan dan pembangunannya, Jaya kinerja daerahnya dan Unggul Sumber Daya Manusianya pada tahun 2026.

Dikatakannya, proses penyusunan APBD tahun 2024 juga tidak terlepas dari RPJMD dan RKPD yang merupakan kolaborasi berbagai usulan dari masyarakat yang terangkum dalam musrenbang serta hasil reses anggota DPRD.

Mengacu pada Visi RPJPD Kabupaten Pelalawan Tahun 2001-2025, Visi dan Misi RPJMD Kabupaten Pelalawan, Tema RKP Tahun 2024 dan Tema RKPD Provinsi Riau Tahun 2024, maka dirumuskan tema pembangunan Kabupaten Pelalawan pada Tahun 2024 yaitu Mewujudkan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan guna Meningkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Masyarakat menuju Pelalawan Maju

Prioritas Pembangunan Kabupaten Pelalawan adalah: Pengembangan SDM Pemberian Jaminan Sosial, Peningkatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Komoditi Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan UMKM Pemantapan dan Peningkatan Infrastruktur Penataan Kota Pangkalan Kerinci dan Ibukota Kecamatan Pelalawan Sejuk Pelaksanaan pemilu 2024.

Dikatakannya lebih lanjut, berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2024 dimana setelah penandatangan KUA dan PPAS APBD Tahun Anggaran 2024 ini, akan ditindaklanjuti dengan penyusunan RKA Perangkat Daerah. Selanjutnya dilakukan Penyiapan Ranperda APBD Tahun Anggaran 2024.

"Pada kesempatan ini saya instruksikan kepada seluruh Perangkat Daerah dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan untuk mengambil langkah tindak lanjut dan melakukan penyiapan Draft RKA  yang telah disusun, dengan KUA dan PPAS APBD Tahun Anggaran 2024 yang disepakati hari ini. Kami berharap penyusunan Ranperda APBD Tahun Anggaran 2024 tidak terlalu lama sehingga dapat segera kita sampaikan kepada DPRD," harap Zukri. (ERM)

TERKAIT