Gubri: Banyak yang Datang dari Luar
Nyaris 1.000 Orang Positif Covid-19 di Riau Hari Ini, Gubri: Banyak yang Datang dari Luar

senen, 28/06/2021

Wartariau.com PEKANBARU - Kasus Covid-19 di Riau hari ini, Rabu (14/7/2021) mencatat rekor tertinggi dengan 978 orang dinyatakan positif dalam satu hari.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, tingginya kasus positif di Riau dalam beberapa hari ini juga disebabkan oleh banyaknya orang dari luar provinsi yang masuk ke Riau dan setelah dilakukan pengecekan ternyata terkonfirmasi positif Covid-19.

“Yang paling banyak yang datangnya dari luar Riau, semalam itu yang datang [dari luar ke Riau] 60 orang, bahkan 30 orang dari Jambi. Ini kami harapkan dengan tingginya kasus (Covid-19) semakin memperketat jalur masuk, bagaimana dengan kewajiban PCR itu [supaya] memutus penyebaran Covid-19," kata dia, Rabu (14/7/2021).

Hal itu diperjelas oleh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir, yang mengatakan selain banyaknya penambahan dari dalam Riau sendiri, juga ada penambahan hasil pemeriksaan kepada 30 orang pegawai perusahaan asal Muara Bungo, Jambi.

"Mereka melakukan pemeriksaan rapid antigen, ternyata positif dan ditindaklanjuti dengan PCR. Dan mereka melakukan pemeriksaan di Kota Pekanbaru, seharusnya kan Muara Bungo masuk Jambi, tetapi ditambahkan masuknya ke Provinsi Riau,” jelas Mimi.

Mimi menegaskan, kasus Covid-19 di Riau akan terus bertambah jika masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Bisa-bisa saja kasus (Covid-19) ini naik lagi, sepanjang kita belum bisa berubah, bisa saja Riau masuk dalam PPKM darurat kalau kasusnya naik seperti ini," ujarnya.


Untuk itu, Mimi kembali menegaskan agar seluruh masyarakat dan unsur pemerintahan untuk menjalankan PPKM mikro dengan benar sekaligus melakukan pengawasan yang ketat.



Berita Terkait :