WartaRiau.com -" />
Penanganan Corona di Indonesia

WHO Soroti Penanganan Corona di Indonesia

Wartariau.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti tentang penanganan COVID-19 di Indonesia. Untuk saat ini, tercatat ada 412.784 kasus COVID-19 yang dikonfimasi dengan 341.942 sembuh dan 13.943 kematian.

Disadur dari Detik.com, Selasa, 2 Oktober 2020, berdasarkan ketersediaan data yang dihimpun WHO, hanya kematian COVID-19 yang dikonfirmasi yang dimasukkan.

"Sesuai definisi WHO, kematian akibat penyakit yang kompatibel secara klinis dalam kasus COVID-19 yang mungkin atau terkonfirmasi adalah kematian terkait COVID-19," ucap WHO dalam Situation Report Indonesia yang diterbitkan 28 Oktober.

"Kecuali ada penyebab kematian alternatif yang jelas yang tidak dapat dikaitkan dengan COVID-19 (misalnya trauma)," kata dia lagi.

Kemudian, dari hasil pengamatan WHO selama tiga pekan disebutkan ada empat provinsi di Jawa dengan jumlah kasus COVID-19 terbanyak yang dikonfirmasi atau menempati porsi 58,9 persen dari total kasus, yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

"Sampai 28 Oktober, angka kematian akibat COVID-19 di DKI Jakarta per satu juta penduduk dipastikan tertinggi di negara ini, disusul Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi Utara," sebut WHO.