Menteri PUPR Akan Datang ke Riau
Menteri PUPR ke Riau, Tinjau Tol Permai Yang Tak Kunjung Selesai Masalah Pembebasan Lahan

Rabu, 09 September 2020 - 19:10:28 WIB


 Wartariau.com Pekanbaru - Menteri Pekerjaan Umum Penataan dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basoeki Hadimoeljono dalam pekan ini akan kunjungan kerja ke Provinsi Riau.

Kunjungan Menteri PUPR bersama rombongan ini dikaitkan dengan masalah jalan bebas hambatan Tol Pekanbaru - Dumai (Permai) yang masih belum selesai pembayaran ganti rugi pembebasan lahan.

Asisten II Setdaprov Riau, Evarefita, mengatakan kedatangan Menteri PUPR diperkirakan dalam seminggu ini.

"Kemungkinan datang dalam minggu ini. Meninjau hasil pembangunan, dan kelayakan jalan tol Pekanbaru - Dumai sepanjang 131 kilometer," sebut, Rabu (9/9/2020).

Dikatakannya, tim nanti akan mengecek dan melihat kendala yang ada sebelum dilakukan peresmian. Dan setelah itu Kementerian PUPR akan menerbitkan surat kelayakan operasional jalan tol.
 
"Kalau sudah dapat surat rekomendasi kelayakan tersebut, maka baru bisa dilakukan persiapan peresmian jalan tol," terangnya. 

Eva juga mengungkapkan, kehadiran Menteri PUPR, akan melihat persoalan ganti rugi lahan yang saat ini belum ada titik temu.

Dalam informasi yang disampaikannya, ada 551 persoalan lahan yang masih bermasalah, karena ada dua kepemilikan di atas lahan yang dibangun jalan bebas hambatan itu.

"Persoalan ganti rugi lahan kita sudah melakukan terobosan-terobosan. Bahkan penyelesaian persoalan ini langsung dipimpin oleh pak gubernur. Dan sekarang sudah ada pergerakan, karena persoalan lahan ini berkaitan dengan Barang Milik Negara," ungkapnya. 

Dan di lapangan, hingga saat ini masih banyak pemilik lahan yang masih melakukan protes atas ganti rugi yang tidak sesuai dengan pengharapan. Dan selain itu, sudah ada beberapa pemilik lahan yang telah menerima uang ganti rugi yang diambil di kantor pengadilan. **

 


Berita Terkait :