Hj. Elmi :Mendidik dengan Hati dan Tulus
Peringatan Hari Guru Nasional di SMAN 5 PEKANBARU

Kamis, 25 November 2021 - 11:48:56 WIB


Wartariau.com PEKANBARU Hari Guru Nasional diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya. 

Diketahui, Hari Guru Nasional pertama kali ditetapkan pada tahun 1994.


Pada saat itu, Presiden Soeharto menetapkan Hari Guru Nasional (HGN) melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 78 Tahun 1994.

Hari Guru Nasional juga bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Oleh karena itu, 25 November 2021 nanti menandai perayaan Hari Guru Nasional ke-27 sejak resmi ditetapkan.

Hari Guru. Nasional bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Guru Republik Indonesia (HUT PGRI) yaitu setiap 25 November.

Peringatan (HGN) khususnya di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Pekanbaru dipusatkan di lingkungan sekolah. Diawali upacara bendera dengan inspektur Kepala Sekolah Hj.  Elmi Gurita, MP.d menyampaikan "Adapun untuk tema Hari Guru Nasional tahun ini yakni 'Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan'. Guru-guru ditantang untuk berinovasi dan memanfaatkan teknologi membuat pembelajaran daring harus menarik bagi semua murid.Seperti yang diketahui, kegiatan belajar mengajar selama 2 tahun terakhir menggunakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)".


Selanjutnya ditanya oleh media ini, Hj. Elmi menyampaikan " sesuai dengan tema HGN tahun ini bahwa seorang guru itu bekerja dengan ikhlas, betul-betul dari hati nurani untuk mendidik anak - anak supaya harapan kita adanya sentuhan hati ini dapat mengetahui karakter anak, kemampuan psikomotoriknya,  kemampuan kognitifnya sesuai dengan harapan kita,  dan kemampuan pengetahuan anak-anak kita supaya lebih,  agar menjadi manusia yang berilmu dan berakhlak dan mempunyai keterampilan. 

Hj.  Elmi Gurita Kepala Sekolah SMAN 5 Pekanbaru dengan jumlah 1.266 siswa yang mendapat Prestasi Satu sebagai Kepala Sekolah di tingkat Provinsi Riau, menyampaikan khususnya prestasi dari sekolah ini di tahun 2021 ini juara harapan dua Perpustakaan tingkat Nasional, UKS juara satu tingkat provinsi,  dan saat ini anak - anak kami sedang mengikuti lomba lagu perjuangan yang diadakan oleh RRI sudah masuk babak final. 

Harapan Hj.  Elmi dengan momentum  HGN ini marilah kita sebagai guru, mendidik dengan  hati artinya kita harus merangkul anak-anak dengan kasih sayang. Bagaimana kita mengajar anak- anak  supaya tersentuh hatinya, tergerak kemampuan pengetahuannya supaya menjadi anak-anak  yang baik dan berprestasi agar menjadi anak yang sukses. Hal ini juga dapat menghindari adanya kekerasan di lingkungan sekolah.

Dalam memeriahkan HGN di SMAN 5 diadakan berbagai perlombaan yang pesertanya adalah guru dengan tujuan untuk lebih menjalin kekompakan dan keakraban sesama guru dan anak anak, tutup Hj. Elmi.  (gery)***





Berita Terkait :