Luar Biasa, Leani Ratri Anak Petani Kampar Riau Peraih Dua Medali Emas
Luar Biasa, Leani Ratri Anak Petani Kampar Riau Peraih Dua Medali Emas Paralimpiade Tokyo

Minggu, 05 September 2021 - 22:05:10 WIB


Wartariau.com PEKANBARU - Leani Ratri Oktila, perempuan 30 tahun ini berhasil meraih medali emas pada Paralimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga bandminton.
Ia telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di panggung dunia bersama pasangannya Khalimatus Sadiyah
Mereka meraih medali emas usai menaklukkan unggulan kedua asal China, Cheng He Fang/Ma Hui Hui, dengan skor 21-18, 21-12 atau dua kosong langsung, di Stadion Yoyogi.

Jumat Barokah Satreskrim Polres Kampar, Sediakan Makan Siang Gratis Bagi Dhuafa di Kafe TSJ

Polres Kampar Musnahkan 96,21 Gram Shabu, dari 3 Kasus yang Diungkap Akhir Bulan Lalu

Pada partai terakhirnya di nomor Mixed Double SL3-SU5, Leani Ratri Oktila bersama Hary Susanto mampu meredam perlawanan pasangan Lucas Mazur-Faustine Noel dari Perancis lewat pertarungan sengit, dan berakhir dengan kemenangan tim Indonesia 23-21, 21-17, menyumbang medali terakhir Indonesia, berupa medali emas.
Inilah sosok Leani Ratri Oktila
Sosok Leani diceritakan Ketua National Paralympic Commitee (NPC) Kabupaten Kampar, Zulkifli saat berbincang dengan media, pada Minggu (5/9/2021).
Leani lahir di Desa Siabu, 6 Mei 1991 silam. Anak dari pasangan F Mujiran (65) dan Gina  (53).
Anak pertama dari empat bersaudara. Saat ini, Leani sudah berumah tangga, ia tinggal di Dusun Karya Nyata, Desa Siabu, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.
Ayah Leani hanya seorang petani karet dan sawit di Desa Siabu, sedangkan ibunya sebagai ibu rumah tangga (IRT).
"Selain bertani, ayahnya juga pelatih badminton di Desa Siabu," sebut Zulkifli melalui sambungan telepon, Minggu (5/9/2021).
Dia menyebut, Leani yang akrab disapa Etri itu adalah sosok yang baik dan rendah hati. "Etri orangnya baik dan rendah hati," kata Zulkifli.
Dia mengaku sangat bangga atas keberhasilan Leani, yang meraih medali emas paralimpiade Tokyo 2020.
Bahkan, Zulkifli juga sudah mengetahui Leani kembali merebut medali emas pada parabadminton ganda campuran.
"Alhamdulillah, dia meraih emas kedua saat berpasangan dengan Harry Susanto," kata Zulkifli.
Sedangkan, pada tunggal putri, Ratu parabadminton dunia ini meraih medali perak.
Keberhasilan Leani, imbuh Zulkifli, tentu mengharumkan nama Indonesia, khusunya Kabupaten Kampar, Riau.
"Dia sudah membawa Kampar mendunia. Terima kasih kepada Etri," kata Zulkifli.
Dirinya mengaku, sebelumnya sudah memprediksi Leani meraih dua medali emas dan satu medali perak. "Saya sudah prediksi dia dapat dua emas satu perak. Saya yakin Etri meraihnya, dan prediksi itu Alhamdulillah tepat," kata Zulkifli.
Pemprov Siapkan Bonus Bagi Altet Riau Berprestasi di Paralimpiade Tokyo 2020
Sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi atlet muda asal Riau Leani Ratri Oktila yang berhasil meraih medali emas cabang badminton  pada Paralimpiade Tokyo 2020 Pemerintah provinsi Riau menyiapkan bonus bagi Leani Ratri Oktila.
Selain menyiapkan bonus, Gubernur Riau Syamsuar juga akan menyambut langsung Leani ketika pulang kampung ke Riau nantinya.
"Nanti kita sambut kehadirannya balek kampung dan dikasih bonus. Saya juga nonton kemarin," kata Gubri Syamsuar.
Gubri menyaksikan langsung pertandingan yang dimenangkan oleh Leani Ratri Oktila bersama Khalimatus Sadiyah melalui live streaming, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Riau, Sabtu (4/9/21).
Usai menyaksikan pertandingan itu, Gubri mengucapkan selamat atas pencapaian yang luar biasa tersebut. Menurutnya, ini menjadi kebanggaan bagi Indonesia khususnya bagi Provinsi Riau untuk tetap semangat dan terus berprestasi mengharumkan nama Indonesia hingga tingkat dunia.
"Alhamdulillah meraih medali emas, terima kasih untuk doanya seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Riau," katanya.




Berita Terkait :