10 Cara Menyembuhkan Lidah Terbakar
10 Cara Menyembuhkan Lidah Terbakar Setelah Mengkonsumsi Makanan Panas

Minggu, 21 Februari 2021 - 11:36:10 WIB


Wartariau.com -  Ketika kita tidak sengaja membakar lidah dengan makanan panas, rasa sakit membuat kita tidak punya pilihan lain selain terburu-buru mencari pengobatan yang menenangkan. Untungnya, ada beberapa solusi yang dapat memberi Anda kelegaan instan tanpa harus mengosongkan kantong.


Dilansir dari Bright Side, berikut beberapa cara keren untuk mengobati lidah terbakar.


1. Bilas lidah Anda dengan larutan asin.

Bilas dengan campuran air asin dingin. Anda juga bisa mengocok larutan di sekitar mulut Anda dengan lembut sebelum meludahkannya. Bilas air asin memiliki efek antiseptik.


2. Celupkan lidah Anda ke dalam susu.

Susu memiliki kemampuan melapisi yang dapat membantu Anda menghilangkan rasa sakit dengan cepat. Celupkan lidah ke dalam susu dingin dan tunggu beberapa saat hingga Anda merasa lebih baik. Anda dapat mengulangi prosedur ini setelah Anda merasakan sakit di mulut Anda lagi. Susu memberikan lapisan khusus yang tidak bisa air, jadi kapan pun Anda punya pilihan, pilih susu.


3. Oleskan madu ke area yang terbakar dan jangan menelan selama beberapa waktu.

Madu tidak hanya memiliki efek menenangkan, tetapi juga memiliki rasa yang enak. Produk ini juga merupakan penyembuh luka bakar yang terbukti secara ilmiah. Jika Anda tidak alergi terhadap produk madu, obat ini mungkin menjadi salah satu favorit Anda. Ambil sesendok madu dan lapisi lidah Anda yang bengkak dengan lapisan tebal. Biarkan selama Anda bisa membiarkannya bekerja sepenuhnya.


4. Taruh permen karet mint tepat di atas area yang terbakar.

Mint adalah obat sederhana dan cepat yang dapat membantu Anda berkat mentolnya yang membantu mengaktifkan area penginderaan dingin. Ini akan memberi Anda sensasi sejuk, jadi Anda secara alami akan mulai merasa lebih baik. Cukup taruh permen karet mint tepat di area luka dan jangan dikunyah. Pastikan untuk tidak membiarkannya terlalu lama, terutama jika Anda terlalu sensitif terhadap produk mint secara umum.


5. Peras jus dari tanaman lidah buaya.

Lidah buaya adalah penyembuh alami yang direkomendasikan untuk mengobati luka bakar tingkat pertama dan kedua. Ini secara signifikan dapat mengurangi waktu penyembuhan luka bakar dan memberi Anda kenyamanan sejak aplikasi pertama. Peras jus lidah buaya langsung ke lidah Anda dan diamkan.


6. Jilat coklat atau gula.

Gula pasir diketahui bisa digunakan untuk mengobati luka yang sulit disembuhkan. Ini akan membantu meredakan nyeri awal yang menjengkelkan itu. Taruh gula pasir di lidah Anda dan tekan ke langit-langit mulut Anda. Anda juga dapat menggunakan produk apa pun yang mengandung gula - seperti es loli atau batang cokelat.


7. Taburkan es, tetapi jangan menjilat es batu.

Menerapkan sesuatu yang dingin adalah salah satu hal pertama yang mungkin terlintas dalam pikiran saat lidah terbakar. Tetapi aplikasi yang benar adalah kuncinya di sini. Jangan pernah menjilat es batu, karena dapat memperburuk kondisi gigi Anda. Anda bisa menaburkan es langsung ke permukaan lidah Anda, pastikan es menutupi area yang terluka.


8. Celupkan lidah Anda ke dalam secangkir yogurt dingin atau produk lain yang mengandung bakteri laktat.

Lactobacteria dianggap sebagai terapis yang baik dalam hal menurunkan risiko infeksi. Mencelupkan lidah Anda ke dalam yogurt, kefir, atau produk probiotik lainnya yang mengandung bakteri ini akan membantu Anda menghindari infeksi setelah mengalami luka bakar. Efek menenangkan tambahan dapat diperoleh dari yogurt dingin.


9. Bernapaslah melalui mulut dengan lidah seperti yang dilakukan anjing.

Lidah Anda terbakar, jangan tutup mulut. Cobalah untuk memberinya udara sebanyak mungkin. Anda dapat meminjam teknik pernapasan yang digunakan anjing, menarik napas dalam-dalam dengan lidah menjulur dari mulut Anda. Akan membantu jika Anda merasa lega setelah Anda menyesap sesuatu yang sangat panas.


10. Cium bunga melalui mulut Anda.

Teknik lainnya adalah menjauhkan perhatian Anda dari rasa sakit dengan mencium sesuatu, seperti bunga, melalui mulut Anda. Ini akan mengalihkan perhatian Anda dari rasa sakit akibat luka bakar.



Berita Terkait :