Pabrik Vaksin Covid-19 Terbakar
Pabrik Vaksin Covid-19 Terbakar, 5 Orang Tewas, Kerugian Triliunan Rupiah

Jumat, 22 Januari 2021 - 12:03:09 WIB


Wartariau.com NEW DELHI -- Pabrik vaksin Covid-19 di Kota Pune, Negara Bagian Maharashtra, India, terbakar, Kamis (21/1/2021). Lima orang dilaporkan tewas akibat kebakaran tersebut.


Dikutip dari Inews.id, pabrik yang terbakar tersebut merupakan milik produsen vaksin terbesar di dunia, Serum Institute of India (SSI). Perusahaan itu memproduksi 50 juta dosis vaksin virus corona AstraZeneca setiap bulan. 


''Kami mengetahui ada korban jiwa dalam insiden ini. Kami sangat sedih dan menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga korban meninggal,'' kata CEO SII, Adar Poonawalla, dalam cuitan, seperti dilaporkan kembali oleh Reuters. 


Poonawalla menambahkan kebakaran tak memengaruhi produksi vaksin Covid-19 AstraZeneca yang kini sudah digunakan di dalam negeri dan dikirim ke negara berpenghasilan rendah dan menengah, seperti Bangladesh, Nepal, Maladewa dan Bhutan.


''Saya ingin meyakinkan semua pemerintah dan masyarakat, tidak akan ada produksi COVISHIELD yang terlewat karena ada beberapa gedung produksi sebagai cadangan untuk menghadapi kemungkinan seperti ini,'' kata Poonawalla.


Namun dia mengakui kebakaran itu menyebabkan penundaan peluncuran produk baru dan kerugian lebih dari 10 miliar rupee atau sekitar Rp1,9 triliun. Selain itu, peralatan senilai jutaan dolar AS juga rusak.


Wali Kota Pune Murlidhar Mohol mengatakan, empat orang dievakuasi dalam kondisi selamat, namun lima lainnya meninggal. 


Seluruh indonesia kaget! Diabetes mudah diobati (lihat di sini)


Sementara itu Pemerintah Negara Bagian Maharashtra menyatakan, dugaan sementara kebakaran disebabkan arus pendek listrik saat pekerjaan konstruksi.


Selain memproduksi vaksin Covid-19 AstraZeneca, SII juga berencana memproduksi vaksin yang dikembangkan perusahaan Amerika Serikat, Novavax Inc, yakni mulai April 2021.***



Berita Terkait :