Rizal Ramli Ogah Akui Pernyataan Pemerintah
Rizal Ramli Ogah Akui Pernyataan Pemerintah Tentang Penguatan Ekonomi 2021

Kamis, 14 Januari 2021 - 20:39:30 WIB


Wartariau.com - Ekonom senior Rizal Ramli tak mau mengakui pernyataan dari pemerintah terkait kondisi perekonomian pada 2021 yang bakal menguat hingga 5,5 persen.


Pernyataanya itu disampaikanya melalui diskusi daring Pergerakan Indonesia Maju (PIM) bertajuk Outlook 2021: National Economic Outlook dikutip dari rmol.id, Kamis, 14 Januari 2021.


Alasannya karna pernyataan tersebut dianggapnya tidak memiliki basis data yang kuat.


"Emang Pemerintah menjanjikan angin sorga, oh enggak, wong tahun 2021 bakal balik lagi ke 5,5 persen begini, begitu. Mohon maaf, janji sorga itu tidak ada basisnya," terangnya.


Kenyataanya, daya beli masyarakat masih tak menentu. Salah satunya disebabkan pekerjaan akibat dampak COVID-19.


"Tapi yang paling penting adalah daya likuiditas yang ada pada masyarakat disedot. Karena Pemerintah ngutang udah terlalu banyak. Artinya apa? Hanya untuk membayar bunga saja harus meminjam, makin lama makin berat," terangnya.


"Karena dia meminjam dia harus nerbitkan SUN (Surat Utang Negara) terus tambahan makin lama makin besar. Apa yang terjadi? uang yang beredar di lembaga keuangan di masyarakat tersedot untuk beli SUN karena tingkat bunga SUN 2 persen lebih tinggi dari request itu," tutupnya.



Berita Terkait :