Tantangan Bagi Biden
Kim Jong Un Sebut Korea Utara Harus Fokus Tumbangkan Amerika Serikat

Sabtu, 09 Januari 2021 - 11:45:23 WIB


Wartariau.com Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pernyataan terbarunya mengatakan bahwa Amerika Serikat adalah 'musuh terbesar' bagi negaranya, tidak peduli siapa pun yang akan berkuasa.


Deklarasi tersebut dikeluarkan kurang dari dua minggu sebelum pelantikan presiden AS yang baru.


"Korea Utara harus fokus dan berkembang untuk menumbangkan AS, rintangan terbesar bagi revolusi kita dan musuh terbesar kita," kata Kim pada kongres lima tahunan Partai Buruh Korea, seperti dikutip AFP dari kantor berita resmi KCNA pada Sabtu (9/1).


Kim juga berjanji untuk memperluas persenjataan senjata nuklir Korea Utara dan potensi militer. Dia juga mengatakan bahwa rencana untuk membuat kapal selam nuklir hampir selesai.


"Tidak peduli siapa yang berkuasa, sifat sebenarnya dari kebijakannya terhadap Korea Utara tidak akan pernah berubah," katanya, tanpa menyebut nama Biden,


Komentar tersebut dinilai oleh para analis sebagai deklarasi pembangkangan yang ditujukan pada pemerintahan baru AS yang akan dipimpin oleh Biden pada 20 Januari mendatang.


Pergantian kepemimpinan di Washington disebut akan menghadirkan tantangan bagi Pyongyang, yang sebelumnya menyebut Biden sebagai 'anjing gila', sementara Biden mencirikan Kim sebagai 'preman' selama debat presiden.


Kim menikmati hubungan yang hangat dengan Presiden AS Donald Trump yang akan keluar, bahkan jika sedikit kemajuan konkret yang dibuat dalam negosiasi program nuklir Korea Utara, seperti yang dilaporkan BBC.



Berita Terkait :