WHO: Covid-19 Bukan Pandemi Terakhir
WHO: Covid-19 Bukan Pandemi Terakhir, Jangan Melupakannya Jika Sudah Berakhir

Minggu, 27 Desember 2020 - 12:42:43 WIB


Wartariau.com Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan dunia bahwa Covid-19 bukanlah pandemi terakhir yang akan dialami manusia.


Untuk itu, ia meminta agar manusia tidak berpandangan sempit dengan membuang uang saat pandemi tetapi tidak melakukan apa pun untuk mempersiapkan yang berikutnya.


Hal itu disampaikan Tedros dalam pesan video untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional pertama pada Minggu (27/12).


Dikutip dari AFP, Tedros mengatakan sudah waktunya untuk belajar dari pandemi Covid-19.


"Sudah terlalu lama dunia telah beroperasi dalam siklus kepanikan dan pengabaian. Kita membuang uang saat terjadi wabah, dan ketika sudah berakhir, kita melupakannya dan tidak melakukan apa pun untuk mencegah wabah berikutnya," ujar Tedros.


"Ini sangat picik, dan terus terang sulit untuk dipahami," lanjut dia.


"Sejarah memberi tahu kita bahwa ini (Covid-19) bukan pandemi terakhir, dan epidemi adalah fakta kehidupan," imbuhnya.


Berdasarkan laporan tahunan Dewan Pengawasan Kesiapsiagaan Global pada September 2019 tentang kesiapan dunia menghadapi keadaan darurat, planet ini sangat tidak siap untuk menghadapi pandemi.


Hingga saat ini, virus corona sudah menginfeksi hampir 80 juta orang di dunia, dengan sedikitnya 1,75 juta meninggal.


Tedros mengatakan, seharusnya krisis Covid-19 bukanlah hal yang mengejutkan karena dunia sudah mendapatkan berulang-ulang peringatan. 



Berita Terkait :