Taiwan Gabung Skema COVAX
Upaya Dapatkan Pengakuan Dunia, Taiwan Gabung Skema COVAX

Minggu, 13 September 2020 - 09:44:01 WIB


Wartariau.com Taiwan akan segera mendaftarkan diri pada skema COVAX yang menjadi platform untuk menjamin akses vaksin Covid-19 jika sudah tersedia.


Menteri Kesehatan Taiwan, Chen Shih-chung pada Sabtu (12/8) mengatakan, pemerintah telah melibatkan pengacara untuk melakukan diskusi terkait penandatanganan skema COVAX.


Keikutsertaan Taiwan dalam COVAX sendiri tampaknya merupakan upaya pulau tersebut untuk diakui sebagai negara demokrasi.


Selain memang, seperti dilaporkan Reuters, Taiwan juga tengah meneliti vaksinnya sendiri dan dalam tahap uji coba.


COVAX merupakan skema distribusi vaksin Covid-19 yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan aliansi GAVI. Tujuannya agar vaksin  dapat disebar ke seluruh dunia secara adil.


Meski begitu, ada beberapa negara yang sudah mengamankan pasokan vaksin Covid-19 mereka sendiri dan tidak bergabung dengan COVAX. Salah satunya adalah Amerika Serikat (AS).


Sejauh ini Taiwan telah melaporkan kurang dari 500 kasus Covid-19 dengan tujuh kematian. Angka tersebut jauh lebih kecil dari negara-negara lain.


Keberhasilan Taiwan dalam mengendalikan virus corona baru berawal dari langkah pencegahan yang efektif, seperti larangan masuk bagi sebagian besar pengunjung asing dan persyaratan karantina yang ketat bagi mereka yang datang ke pulau itu.


Taiwan bukan lagi anggota WHO karena adanya tekanan "Satu China" dari Beijing. Sedangkan aliansi GAVI adalah kemitraan publik-swasta yang didukung oleh Bill and Melinda Gates Foundation, WHO, Bank Dunia, UNICEF, dan lainnya.



Berita Terkait :