Israel Dalam Bahaya
Israel Dalam Bahaya, Iran Kirim Senjata Penakluk Amerika ke Suriah

Minggu, 30 Agustus 2020 - 18:52:29 WIB


Wartariau.com - Republik Iran secara diam-diam sudah mengerahkan rudal pertahanan udara anti - pesawat ke Suriah. Pengerahan ini menjadi kabar buruk dan bahaya untuk Israel. 


Mengutip dari VIVA Militer dari DFN Arab, Minggu 30 Agustus 2020, Iran tak tanggung-tanggung telah mengerahkan tiga unit sekaligus sistem rudal pertahanan udara.


Sistem rudal yang dikerahkan Iran ke Suriah ialah buatan industri senjata dalam negeri, yaitu Khordad-3. Ketiga sistem rudal itu kini sudah ditempatkan di beberapa lokasi di sekitar perbatasan Suriah dan Lebanon.


Khordad-3 bukan sistem rudal pertahanan udara biasa, senjata itu memiliki jangkauan serang target mencapai 75 hingga 105 kilometer.


Dengan keberadaan Khordad-3 ini, maka dipastikan jet-jet tempur F-16 Israel dalam bahaya. Sebab militer Israel tak bisa lagi seenaknya menggempur Suriah dari langit sekitar perbatasan Lebanon. Disebutkan Khordad-3 dikirim Iran ke Suriah melalui Pangkalan udara Hmeimim.


Memang sebelumnya Iran sempat mengumumkan niatnya untuk membantu Suriah menghadapi gempuran rudal-rudal yang ditembakkan Israel melalui jet-jet tempur dari wilayah sekitar perbatasan Lebanon. Tadinya diperkirakan Iran akan kirim sistem rudal pertahanan udara BAVAR-373 yang memiliki jangkauan tembak mencapai 300 kilometer, ternyata yang dikirimkan Khordad-3.


Perlu diketahui, Khordad-3 bukan sistem pertahan udara abal-abal. Senjata ini telah membuktikan kefektifannya. Sebab pada Juni 2019, sistem jenis SAM ini menembak jatuh pesawat tanpa awak canggih Amerika, RQ-4 Global Hawk di Selar Hormuz. UAV Amerika seharga Rp1,5 triliun itu ditembak dalam jarak 34 kilometer.



Berita Terkait :