Agar Cukup Pangan Di Masa Pandemi,
Kapolda Riau Launching Program Kampung Tangguh Nusantara Gerakan Jaga Kampung Di Rohul

Selasa, 25 Agustus 2020 - 19:34:17 WIB


Wartariau.com ROKAN HULU-Kapolda Riau Irjen Pol   Agung Setya Imam Efendi, SH, S IK, M Si, Danrem 031 Wira Bima Brigjend TNI M Syech  Ismed, SE, M Han,  Ketua LAMR Prov Riau Datuk  Seri Al Azhar,  di dampingi Bupati Rohul H Sukiman,  Kapolres Rohul  AKBP Dasmin Ginting, SIK melaunching Program Kampung Tangguh Nusantara Gerakan Jaga Kampung Polda Riau di Wilayah Kecamatan  Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Selasa (11/8/2020) sekitar Pukul 08.40 Wib.

Kegiatan, launching Program Kampung Tangguh Nusantara Gerakan Jaga Kampung Polda Riau di Dusun Kasang Salak Desa Bonai  yang diInisiasi  Kapolda Riau bekerja sama dengan Ketua LAMR Prov Riau di Wilayah Kabupaten  Rohul.

Hadir dalam giat tersebut, Kapolda Riau Irjen Pol   Agung Setya Imam Efendi, SH, S IK, M Si, Danrem 031 Wira Bima Brigjend TNI M Syech  Ismed, SE, M Han,  Ketua LAMR Prov Riau Datuk  Seri Al Azhar, Dir Binmas Polda Riau Kombes Pol Kris  Pramono.

Kedatangan Kapolda Riau bersama rombongan disambut  Bupati Rohul H Sukiman,  Kapolres Rohul  AKBP Dasmin Ginting, SIK Dandim 0131 / KPR Letkol  Inf Leo  Sinaga,  Ketua DPRD Rohul  Novliwanda Ade Putra ST, Ketua PN Pasir Pengaraian Sunoto, SH, MH  Kajari Rohul Ivan Damanik, SH, MH,  Kakan Kemenag Rohul Drs H Syahrudin, M Sy.

Kemusian, Ka Lapas II B Pasir Pengaraian M Lukma, A Md IP, SH, M Si,   Ketua LAMR Rohul Datuk  H Zulyadaini, SekdaKab Rohul H  Abdul  Haris Lubis, S Sos, M Si, Para Kepala Dinas dan Badan di Lingkungan Pemkab Rohul.

Selanjutnya, PJU Polres Rohul dan Kapolsek jajaran,  Para Datuk dan Ninik Mamak Kecamatan  Bonai Darussalam Manager PT HPSL Jurong Santoso Humas PT BD Bentala Iskandar  Harahap, Humas PT BD Bintara Tengku Ardi, Masyarakat Desa Bonai  sekitar 250 orang.

Adapun rangkaian kegiatan,
sekitar pukul 08.40 Wib Helikopter yang membawa  Kapolda Riau, Danrem 031 WB dan Ketua LAMR Prov Riau mendarat di Lapangan Bola Dusun Kasang Salak Desa Bonai,  disambut  Bupati Rohul di dampingi Kapolres Rohul dan Forkopimda.

Kemudian  Kapolda Riau, Danrem 031 WB, Ketua LAMR Prov Riau di dampingi Bupati Rohul dan Forkopimda menuju lokasi Launching Jaga kampung bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Setibanya di tempat kegiatan, Kapolda Riau dan Rombongan disambut dengan tarian pencak silat.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan suhu menggunakan Thermo Gun dan cuci tangan 

Terpantau, Kapolda Riau Irjen Pol   Agung Setya Imam Efendi, SH, S IK, M Si, Danrem 031 Wira Bima Brigjend TNI M Syech  Ismed, SE, M Han bersama Bupati Rohul H Sukiman, melakukan pemberian paket Sembako kepada perwakilan Warga Desa Bonai, dilankutkan dengan pemberian bibit Jagung, Nenas dan Melon kepada masyarakat Desa Bonai dan penanaman tanaman Palawija dan Nenas


Ketika itu  Bupati H Sukiman  mengucapkan  selamat datang dan terima kasih kepada Kapolda Riau bersama rombongan yang telah menyempatkan diri hadir di Desa Bonai Kecamatan Bonai Darussalam.

"Kami mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan dalam kunjungan Kapolda dan rombongan ini," lanjut H Sukiman.

H Sukiman  Mantan Dandim Inhil ini, berharap kunker  Kapolda Riau ini dapat memperkuat silaturahmi. 

"Kemudian solidaritas dan menambah semangat kami," tuturnya.

Masih di tempat yang sama  Ketua LAMR Prov Riau  mengatakan Masyarakat Bonai merupakan satu dari tujuh masyarakat hukum adat yang ada  di Provinsi Riau.

" Masyarakat di Bonai selama ini termasuk masyarakat yang tertinggal di Prov Riau.Tiga tahun lalu saya datang ke Bonai atas undangan Datuk Majoganti," ujarnya.

Lanjutnya,  permasalahan yang sangat urgen di Kecamatsn Bonai Darussalam saat ini yaitu terputusnya Jalan yang menghubungkan Desa Sontang dan desa Bonai yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah.

"Gerakan jaga Kampung yang diluncurkan oleh Bapak Kapolda Riau adalah  gerakan jaga kampung di Desa Adat yang pertama di Prov Riau. Kita berharap kegiatan yang penuh perhatian kepada pemerintah agar disambut dengan meriah," paparnya.

"Kita yakin masyarakat Bonai mau berubah, karena semangat masyarakat untuk berubah seperti desa Melayu yang lain sangat tinggi. Kedua pejabat Kapolda Riau dan Danrem sudah menjadi Sahabat, jadi kita bicara bukan dinas lagi, jadi lebih dari saudara," tambahnya.

" Atas nama masyarakat kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolda Riau dan Danrem serta Bupati atas kehadirannya di Desa Bonai," pungkasnya.

Kemudian,  Danrem 031 Wirabima 
berterima kasih kepada Bupati Rohul  yang telah menerima mereka  Kapolda, Danrem dan Ketua LAMR dengan sangat baik.

"Saya Danrem 031 WB merasa terhormat disambut  masyarakat Bonai. Besar harapan kami kegiatan yang akan dikerjakan hari ini, bisa diikuti di Tempat lain, sehingga apabila kita pelihara dan jaga terus kegiatan ini, maka akan bermanfaat untuk masyarakat Bonai," paparnya.

Danrem sangat mensuport kegiatan pada  ini. "Kami mensuport masyarakat Desa Bonai kedepannya," terangnya.

Selanjutnya,  Kapolda Riau mengajak semua yang hadir untuk bersyukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kesehatan di.masa pendemi Covid - 19.

"Di masa pandemi ini kita harus tetap menjalankan protokol Covid-19 seperti jaga jarak, pake masker dan cuci tangan," urainya.

Lanjutnya,  kegiatan jaga kampung ini adalah kegiatan Kapolres Rohul di masa kepemimpinan AKBP Dasmin Ginting, SIK. "Kemudian besok hari Rabu beliau sudah mutasi mejadi Wadir Res Narkoba Polda Kepri, kami ucapkan selamat kepada Pak Dasmin atas penempatan tugas yang baru," tukasnya.

Kegiatan jaga Kampung ini sengaja dilaksanakan pada Hari Selasa, karena kata ulama Hari Selasa merupakan hari yang baik dimana turunnya hikmah dan ilmu.

 "Kita ingin mewujudkan jaga kampung ada di daerah terpencil di Riau ini dan Kami berdiskusi dengan pak Danrem untuk merumuskan jaga kampung ini agar bisa bermnafaat bagi masyarakat dan secara kontinyu," paparnya.

Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, SH, S IK, M Si, menyampaikan, tujuan adanya program Jaga Kampung Polda Riau yaitu Membangun kampung-kampung agar cukup pangan di masa pandemi dan  harus menjaga kampung  dengan memanfaatkan SDA dan lahan tidur untuk ketahanan pangan, Menjaga masyarakat tetap sehat mengaharapkan Masyarakat jangan ada yang tertular Covid-19.

"Dengan dukungan Tokoh adat dan Tokoh agama, diharapkan jaga kampung semakin menjadi gerakan yang meyentuh keseluruh lapisan masyarakat. Polda Riau dan jajaran telah melaksanakan program Jaga kampung seluas 243,5 Ha," jelas Irjen Pol   Agung Setya Imam Efendi, SH, S IK, M Si.

"Kita telah membuat siklus program jaga kampung dari mulai penanaman hingga pemasaran, kita bermitra dengan  perusahaan di Sumatera Utara untuk pemasaran jagung pakan dengan harga pasar. Selain Jagung, kita akan tanam Melon dan Nanas.
Jika dilihat dari referensinya, Nanas sangat bermanfaat dan bagus untuk kesehatan seperti mengatasi Sakit lutut / kaki pegal," urainya.



Irjen Pol   Agung Setya Imam Efendi, SH, S IK, M Si, mengharapkan lahan ini menjadi lahan yang subur dengan pendampingan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta dari Pihak Perusahaan BDB sampai dengan Panen selama 2 atau 3 kali panen, sehingga masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara mengolah lahan dan mandiri. 

"Kemandirian ini menjadi kita berbeda dan bisa mensyukuri sesuatu yang akan kita peroleh.  Kita mengharapkan ada lahan yang lebih luas lagi yang bisa di jadikan program jaga kampung di Provinsi Riau, sehingga hasil jaga Kampung bisa merata dan bisa dinikmati oleh masyarakat. Dengan mengucap bismillah, saya resmikan program jaga kampung dan semoga Bibit ini tumbuh dan menghasilkan yang maksimal," jelasnya.

Giat Launching Program Kampung Tangguh Nusantara Gerakan Jaga Kampung Polda Riau tersebut berakhir sekitar pukul 10.30 Wib,  situasi selama kegiatan aman kondusif.


Usai itu dilakukan  poto bersama, selanjutnya, Kapolda Riau dan rombongan meninggalkan tempat kegiatan dan menuju lapangan Helipad Dusun Kasang Padang Desa Bonai untuk selanjutnya terbang menuju Pekanbaru.

(Paur Humas IPDA Feri Padli, SH/dr)


Berita Terkait :