Lingkungan DPRD Riau Jalani Swab Tes
500 Orang di Lingkungan DPRD Riau Jalani Swab Tes, Hasilnya Akan Dihubungi

Selasa, 18 Agustus 2020 - 23:54:32 WIB


Wartariau.com PEKANBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau melakukan swab ted kepada sebanyak 500 pegawai di lingkungan Setwan DPRD Riau pada Selasa (18/8/2020).

Swab tes digelar di lapangan tenis DPRD Riau yang dipimpin oleh Kepala Bidang Labor kesehatan dan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Riau drg. Jenita Aruma MM.

500 peserta swab itu terdiri dari berbagai lapisan seperti Anggota Dewan, Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Honor Lepas (THL), CS dan Security yang sehari-hari berkegiatan dan berada di lingkungan DPRD Provinsi Riau

"Untuk hasil test akan diketahui 3 sampai 4 hari", ujar Jenita (18/8).

Jenita menjelaskan, bagi peserta swab tes yang dinilai positif covid-19, pihaknya akan segera menghubungi yang bersangkutan dan langsung melakukan isolasi mandiri. Sementara bagi yang negatif, tidak dihubungi.

"Sesuai SOP, bahwa kalau ada yang positif segera kami hubungi dan yang tidak maka tidak akan dihubungi," ucapnya.

Jenita menjelaskan, pemeriksaan swab menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung atau tenggorokan. Kemudian sampel lendir yang diambil dengan metode swab akan diperiksa menggunakan metode Polumerasi Chain Reaction (PCR).

Tambahan informasi untuk covid-19 saat ini dari data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Riau per 18 Agustus 2020, dari 1.039 kasus positif covid-19 di Riau terdiri dari 137 pasien isolasi mandiri, 246 orang dirawat di rumah sakit, 640 pasien sembuh, dan 16 pasien meninggal dunia.

Sedangkan untuk data covid-19 Provinsi Riau Tanggal 18 Agustus 2020 hingga pukul 16.00 Wib terdapat 22 penambahan kasus konfirmasi dan 22 pasien dinyatakan sembuh. 

Berikut ini rinciannya:
137 Isolasi Mandiri
246 Isolasi Di RS,
640 Sembuh/pulang, dan
16 Meninggal Dunia.

Adapun penambahan kasus konfirmasi hari ini berasal dari :

Kota Pekanbaru:
Kec Bukit raya 2 orang
Kec Lima Puluh 1 orang
Kec Marpoyan Damai 1 orang
Kec Payung Sekaki 1 orang
Kec Pekanbaru Kota 3 orang
Kec Sukajadi 1 orang
Kec Tampan 1 orang
Kec Tenayan Raya 1 orang

Kabupaten Siak:
Kec Siak 3 orang
Kec Tualang 6 orang

Dan dari Provinsi lain sebanyak 2 orang

Pihak Dinkes Provinsi Riau menghimbau kepada seluruh masyarakat Riau agar selalu menggunakan masker, rajin cuci tangan pakai sabun, jaga kesehatan, tetap lakukan physical distancing, mengkonsumsi sayur dan buah serta berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh serta tetap di rumah. ***



Berita Terkait :