Dunia Berduka
Dokter Kaum Miskin Bertarif Rp2.000 Wafat

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 21:47:00 WIB


Wartariau.com - Kabar duka kembali datang dari dunia kedokteran. Dokter kaum miskin asal Chennai, India, C. Mohan Reddy, menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu 22 Juli 2020.


Dokter yang dikenal memberlakukan tarif 10 rupee, atau sekitar Rp2 ribu, pada pasien miskin di India itu meninggal dunia setelah pingsan dan mengalami gagal pernapasan.


Menurut informasi yang beredar, beberapa hari sebelum kematiannya, Reddy baru saja dinyatakan pulih dari Covid-19. 


Sempat Dirawat Karena Covid-19


© Twitter dan India Times


Semasa hidupnya, Reddy membantu banyak kaum miskin yang kesulitan mengakses perawatan kesehatan di wilayah Chennai, India.


Reddy yang mengelola Rumah Perawatan Mohan di Villivakkam sempat menjalani perawatan akibat positif Covid-19 pada 25 Juni lalu. 


Setelah beberapa hari dinyatakan sembuh dan kembali beraktifitas, tiba-tiba Reddy pingsan dan mengalami gagal pernapasan hingga meninggal dunia. 


Patok Biaya Murah untuk Berobat


Dokter yang lahir pada tahun 1936 di Nellore, Andhra Pradesh, ini menjalani pendidikannya di Gudur dan lulus dari Kilpauk Medical College.


Reddy kemudian pindah ke Tamil Nadu dan memulai klinik Mohan di Villivakkam, sebuah pusat perawatan pasien miskin yang dia teruskan sampai akhir hidupnya.


Tak mau membebani pasiennya, Reddy hanya mematok biaya 10 rupee (Rp2 ribu) bagi pasien yang kurang mampu. Padahal umumnya, biaya konsultasi dokter di India berkisar 100 rupee. 


Pentingkan Pasien dibanding Dirinya


© Twitter dan India Times


Reddy yang memang belum menikah memutuskan tinggal di rumah sakit. Dirinya pun siap siaga menangani pasien, tak kenal waktu. 


Sejak India melakukan kebijakan lockdown, Reddy masih menerima beberapa pasien di usianya yang sangat berisiko. 


Menurut penurutan saudara lelakinya, Reddy bahkan lebih mementingkan pasien daripada dirinya sendiri selama COVID-19.


 


Sumber India Times



Berita Terkait :