TKA China Bawa Uang Triliunan Pulang Kampung, PKS: Ironis
Setelah Bekerja di Indonesia, TKA China Bawa Uang Triliunan Pulang Kampung, PKS: Ironis Simak selen

Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:13:53 WIB


Wartariau.com - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid menyesalkan kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang ramai-ramai mengadu nasib di Indonesia.


Penyesalan ini lantaran masih banyaknya pengangguran dan korban PHK yang dialami oleh para pekerja asal Indonesia.


Pernyataan ini disampaikannya melalui akun media sosial Twitter miliknya @hnurwahid, Minggu, 9 Agustus 2020.


Tak hanya itu, setelah TKA itu bekerja dan mendapat gaji, jumlah yang mereka bawa kembali ke China cukup fantastis.


Menurut Bank Indonesia (BI) total transfer uang yang dilakukan pekerja asing asal China ke penerima di negara asalnya mencapai USD 213 juta atau setara Rp3,08 triliun pada tahun 2019.


Sedangkan untuk kuartal I 2020, total pengiriman uang TKA China dari Indonesia ke negara asalnya mencapai USD 50 juta atau setara dengan Rp725 miliar.


" TKA China di RI Tercatat (Thn 2019) Kirim Uang Rp 3 T ke Negaranya, Dan Pd Kwartal I thn 2020, Dana Yg Ditransfer Rp 725 M," terang politisi PKS tersebut.


" Dan Masih Saja TKA China Masuk Ke Indonesia. Itu Sangat Ironis. Ditengah Banyaknya Korban PHK&Kesulitan Ekonomi WNI Akibat Covid-19," tambahnya.


Untuk diketahui sudah berulang kali rombongan TKA asal China mendatangi Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan.


Terbaru, sebanyak 325 TKA masuk ke wilayah Pulau Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjung Pinang menggunakan pesawat Qinqdao Airlines, sekitar pukul 14.20 WIB, Sabtu 8 Agustus 2020 silam.



Berita Terkait :