Kasus Covid-19 Melonjak
Kasus Covid-19 Melonjak, Kota Pekanbaru jadi Zona Merah, PSBB Lagi?

Senin, 27 Juli 2020 - 10:54:09 WIB


Politikriau.com - Kota Pekanbaru menjadi daerah yang paling tinggi terdapat kasus Covid-19 dari 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

Data yang dirangkum Riau1.com dari Diskes Riau, tercatat dari taggal 3 Maret hingga 26 Juli 2020, total ada sebanyak 145 kasus positif Covid-19.

Dari 145 itu, 36 pasien diantaranya masih dirawat, 103 pasien sudah dinyatakan sembuh dengan hasil swab negatif Covid-19 dan 6 pasien meninggal dunia.

Seratusan kasus Covid-19 itu, tersebar di 12 kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru, dan tertinggi berada di Kecamatan Tampan dengan 39 kasus.

Wilayah tertinggi kedua kasus Covid-19, berada di Kecamatan Tenayan Raya dengan 21 kasus. Kemudian Kecamatan Marpoyan Damai dan Bukit Raya dengan masing-masing 18 kasus.

Selanjutnya di Kecamatan Rumbai Pesisir dengan 15 kasus, Kecamatan Payung Sekaki dan Sukajadi masing-masing 6 kasus. Kemudian, Kecamatan Rumbai, Sail dan Pekanbaru Kota masing-masing 5 kasus.

Sedangkan di Kecamatan Limapuluh sebanyak 4 kasus dan paling rendah di Kecamatan Senapelan dengan jumlah hanya 3 kasus positif Covid-19.

Dengan kembali meningkatnya kasus Covid-19, Kota Pekanbaru saat ini kembali ke zona merah, dan Wali Kota Pekanbaru Firdaus sudah meminta ASN kembali bekerja dari rumah sesuai dengan SE Nomor 800/BKPSDM-PKAP/ 1407 /2020 tertanggal 22 Juli 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara.

Lalu bagaimana dengan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB), apakah Pemko Pekanbaru akan kembali menerapkan kebijakan itu di Kota Bertuah?

"Saya prihatin dengan penambahan kasus positif corona di Pekanbaru. Hal ini menjadi catatan evaluasi terhadap penanganan kasus positif corona. Kami belum ada rencana kembali ke PSBB," kata Firdaus kepada Riau1.com pekan lalu.

"Kami juga akan mengevaluasi bentuk penanganan pandemi corona dengan adanya perubahan struktur tim gugus tugas. Kami menanti kebijakan dari pusat terkait perubahan itu," ucap Firdaus.

Sementara itu, pantauan Riau1.com di beberapa tempat umum, seperti pasar di Pekanbaru, kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker masih rendah.



Berita Terkait :