Luhut Beralasan Pekerja Lokal Tidak Cukup
Pemerintah Datangkan 500 TKA dari China

Minggu, 26 Juli 2020 - 12:04:57 WIB


Wartariau.com - Pemerintah Datangkan 500 TKA dari China, Luhut Beralasan Pekerja Lokal Tidak CukupMeski mendapat penolakan, pemerintah pusat tetap mendatangkan para TKA itu secara bertahap.

Menurut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, kedatangan 500 TKA China ke sejumlah kawasan industri diperlukan lantaran saat ini Indonesia kekurangan tenaga kerja lokal terampil.

Dikatakannya, TKA Cina itu diharapkan bisa mendidik pekerja dalam negeri sehingga nantinya kebutuhan tersebut bisa dipenuhi.

"Kalian harus mendidik tenaga kerja lokal karena kita enggak punya cukup. Di Morowali itu mana bisa cukup. Di Konawe Utara itu mana cukup. Di Weda Bay Halmahera mana yang cukup. Kalau ada yang bilang cukup, datang ke saya," ujar Luhut, Sabtu, 26 Juli 2020.

Luhut mengatakan kedatangan 500 pekerja asing dari Negeri Panda juga dilakukan untuk menciptakan 5.000 lapangan pekerjaan, memberi pelatihan, dan transfer teknologi.

Pemerintah bersama dengan investor terkait pun sudah membangun politeknik di dekat area pabrik untuk mendidik para pekerja lokal.

"Nah transfer teknologi juga dia mau, misalnya bagaimana ekstrak kobalt dari low grade nickel ore, jadi kita tidak perlu impor dari Kongo. Lalu nilai tambah mereka mau sampai lithium battery dan recycling battery tadi mereka mau," ujar Luhut.


Berita Terkait :