Dikarantina 4 Hari di Mekkah
Jamaah Haji dari 5 Kota Arab Saudi Mulai Tiba di Jeddah

Minggu, 26 Juli 2020 - 12:04:43 WIB


Wartariau.com - Pemerintah Arab Saudi tahun ini tidak mengizinkan  calon jamaah haji dari luar negeri karena pandemi corona. 


Arab Saudi hanya mengizinkan untuk jamaah haji dalam negeri, dengan protokol kesehatan Covid-19. Atau orang asing yang sudah berada di Arab Saudi jauh sebelum pandemi Covid-19. 


Sementara itu,  Jamaah haji lokal dari lima kota, yaitu Madinah, Riyadh, Abha, Tabuk, dan Jazan, mulai tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, Sabtu (25/7), demikian dilaporkan kantor berita resmi Kerajaan Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA).


Sementara itu, grup pertama yang datang dari Kota Qasim telah tiba di Bandara Kingabdulaziz, Jumat (24/7).


Pemerintah Arab Saudi membatasi jamaah ibadah haji pada tahun ini karena pandemi COVID-19. Untuk musim haji 2020, pemerintah hanya memberi izin bagi 1.000 peserta, yang seluruhnya berada di Arab Saudi, meskipun 700 di antaranya merupakan ekspatriat/warga asing.


Setibanya di bandara, seluruh jamaah haji menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan, sebagaimana ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi.


Di Bandara, para jamaah juga disediakan jalur khusus, sehingga tidak bercampur dengan para penumpang lain.


Setelah menjalani seluruh prosedur kesehatan di bandara, para anggota jamaah haji wajib mengisolasi diri di tempat yang disediakan pemerintah di Kota Mekkah.


Jamaah akan menjalani isolasi mandiri selama empat hari, sebelum memulai ibadah haji pada 30 Juli.


Seperti dilansir Antara, Minggu, 26 Juli 2020,  Dalam kesempatan berbeda, Kementerian Kesehatan Arab Saudi pada Minggu  (26/7), memastikan seluruh hotel/apartemen yang ditempati jamaah haji akan dilengkapi dengan klinik kesehatan khusus.


Pihak kementerian juga menegaskan tenaga kesehatan akan disiagakan untuk mendampingi para jamaah pada tiap tahapan haji.



Berita Terkait :