DPRD Jember Pecat Bupati
Sejarah Baru, DPRD Jember Pecat Bupati

Rabu, 22 Juli 2020 - 23:46:36 WIB


Wartariau.com - Sejarah baru diukir oleh DPRD Jember Provinsi Jawa Barat setelah 91 tahun wilayah ini berdiri.


Lantaran hubungan yang tidak harmonis, wakil rakyat yang daerahnya berpenghasil tembakau ini baru saja memakzulkan Faida dari jabatan Bupati Jember dinukil dari kumparan.com, Rabu, 22 Juli 2020.


Keputusan tersebut dibacakan dalam sidang paripurna DPRD yang menyetujui Hak Menyatakan Pendapat (HMP) terhadap politikus NasDem tersebut. Faida dipecat lantaran dianggap telah melanggar sumpah dan janji jabatan.


"Pernyataan pendapat DPRD Kabupaten Jember adalah memberhentikan Bupati Jember dr. Hj Faida, MMR dari jabatan karena dinilai melanggar sumpah janji jabatan, tidak melaksanakan kewajiban sebagai kepala daerah," tegas Wakil Ketua DPRD Jember, Ahmad.


Semua ini bermula ketika hasil pemeriksaan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang menganulir mutasi sejumlah pejabat yang dilakukan Faida. Namun menurut DPRD, keputusan KASN diabaikan Faida.


Hasil pemeriksaan khusus Kemendagri mengintruksikan Faida mencabut 30 Perbup dan 15 SK Bupati. Namun menurut DPRD, Faida tidak pernah menindaklanjutinya.


Setelah ini DPRD menggelar hak interpelasi untuk bertanya ke Faida. Tetapi DPRD merasa pertanyaan mereka tak dijawab. Bahkan Faida berpendapat hak interpelasi tidak sah.


Berlanjut ditingkatkan ke tahap hak angket. DPRD menemukan banyak indikasi keterlibatan Faida dalam perkara korupsi serta maladministrasi. Dokumen, bukti dan keterangan para saksi angket DPRD telah diberikan ke penegak hukum.


Akumulasi pelanggaran tersebut yang membuat DPRD Jember berang dan memutuskan melakukan pemakzulan terhadap Faida.



Berita Terkait :