Corona, Mana Saja?
WHO Singgung 3 Tempat yang Mudah Tularkan Corona

Senin, 20 Juli 2020 - 15:49:19 WIB


Wartariau.com Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperbarui pedoman virus Corona dengan menambahkan imbauan waspada penularan Corona di ruangan tertutup dengan memastikan ventilasi ruangan dibuat dengan baik.


Selain tempat tertutup, WHO juga menyinggung potensi penularan Corona yang cukup rawan di beberapa tempat. Mana saja?


1. Tempat ramai


You may also like


2. Tempat yang sempit


3. Ruang yang terbatas dan tertutup


"Risikonya akan lebih tinggi di tempat-tempat yang memiliki beberapa faktor risiko sekaligus. Bahkan saat pembatasan sudah dilonggarkan, pertimbangkan ke mana Anda pergi dan #TetapWaspada dengan menghindari tiga jenis tempat di atas," tulis akun @WHOIndonesia, seperti diliat detikcom Senin (20/8/2020).


Lalu apa yang harus Anda lakukan?


1. Hindari berada di tempat yang ramai dan batasi berada di ruangan yang terbatas dan tertutup.


2. Jaga jarak setidaknya satu meter dengan orang lain.


3. Jika memungkinkan, buka jendela dan pintu agar terjadi pertukaran udara.


4. Rajin menjaga kebersihan tangan dan tutup mulut saat batuk dan bersin.


5. Kenakan masker sesuai anjuran dan jika tidak memungkinkan untuk menjaga jarak fisik.


Sebelumnya, Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19 Achmad Yurianto dalam siaran pers BNPB beberapa waktu lalu, mengatakan transmisi penularan virus Corona COVID-19 banyak terjadi di lingkungan kantor.


"Identifikasi berikutnya dari penambahan kasus ini, ternyata penambahan kasus banyak terjadi di lingkungan kerja, dengan kualitas udara yang tidak bagus," kata pria yang akrab disapa Yuri ini dalam siaran pers BNPB melalui kanal YouTube, Kamis (16/7/2020).


Yuri menjelaskan, ruang kerja tanpa sirkulasi udara lancar dan hanya mengandalkan sistem pendingin udara akan menyebabkan penularan Corona lebih mudah terjadi. Terlebih saat ini ada kekhawatiran penularan COVID-19 melalui mikrodroplet yang bertahan di udara khususnya di ruangan tertutup.


Sumber: detik.com



Berita Terkait :