Sopirnya Positif Covid-19
Bupati dan Istri Serta Jajaran Pejabat di Daerah Ini Jalani Tes Swab

Minggu, 28 Juni 2020 - 15:38:56 WIB


Wartariau.com -  Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw terpaksa harus menjalani tes swab. Langkah itu dilakukan setelah sopirnya terbukti positif terjangkit Corona Covid-19. Tak hanya sang bupati, hal serupa juga harus dilakukan istri serta sejumlah pejabat di kabupaten itu. 


“Jadi bupati dan ibu, bersama pengurus rumah tangga dan orang-orang dekatnya sudah di Swab ya. Kita tinggal menunggu hasilnya,” ungkap Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, Sabtu 27 Juni 2020.


Dilansir viva, ia menugurkan, pemeriksaan swab ini dilakukan setelah sopir Bupati Jayapura dinyatakan positif Covid-19 pada beberapa waktu lalu. Tujuannya untuk mengetahui apakan mereka ikut terjangkit virus corona.


Dikatakannya bahwa hasil swab bupati bersama ibu dan pengurus rumah tangga tersebut baru bisa keluar dalam waktu 7 hari hingga 10 hari ke depan. “Jadi kita masih menunggu hasil setelah kami melakukan swab pada mereka,” ujarnya.


Lebih lanjut, Khairul Lie menjelaskan sopir bupati yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).


Ia menegaskan hingga kini pihaknya juga terus melakukan pemeriksaan rapid test orang-orang dekat sopir maupun terhadap ASN di bagian umum. Begitu juga mereka yang beresiko tinggi atau kontak erat dengan sang sopir. 


Sejauh ini, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, belum dilakukan pemeriksaan swab oleh petugas medis. Khairul Lie menuturkan ada 20 orang lebih Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah dilakukan uji swab dilingkungan Pemkab Jayapura, termasuk bagian umum, rumah tangga Bupati Jayapura.


“Ya kita sudah lakukan swab pada bagian umum dan rumah tangga. Dan orang-orang dekat yang pernah kontak dengan sopir bupati ini kami sudah lakukan swab,” ujarnya.


Untuk diketahui, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura per hari ini, Sabtu, 27 Juni 2020, sebanyak 193 orang, dalam perawatan 115 orang, sembuh 77 orang dan meninggal 1 orang.


Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 26 orang, dan pasien dalam pengawasan sebanyak 154 orang. Sementara, jumlah test PCR di Kabupaten Jayapura sebanyak 2029 sampel. ***



Berita Terkait :