Setelah Lompat Dari Lantai Atas Hotel Di Rumania
Hakim Buronan Pemerintah Iran Ditemukan Tewas Mengenaskan

Sabtu, 20 Juni 2020 - 14:56:18 WIB


Wartariau.com Seorang hakim asal Iran ditemukan tewas mengenaskan  dalam pelariannya di sebuah hotel di ibukota Rumania, Bucharest pada Jumat (19/6).


Kepala Interpol Iran Jenderal Hadi Shirzad mengatakan hakim buronan bernama Mansouri yang berusia 66 tahun itu 'telah melemparkan dirinya' dari jendela hotel.


“Investigasi oleh polisi internasional Iran sedang berlangsung” katanya, seperti dikutip dari Times of Israel, Jumat (19/6).


Sebelumnya, polisi Romania hanya mengonfirmasi tentang seorang pria yang jatuh dari lantai atas di sebuah hotel di Bucharest dan ditemukan tewas pada pukul 14:30 waktu setempat. Mereka tidak mengidentifikasi siapa pria itu.


Mansouri melarikan diri dari Iran pada tahun lalu setelah pihak berwenang menuduhnya menerima suap nyaris Rp 8 miliar. Ia menghadapi permintaan ekstradisi dari pemerintah Iran dan membantah tuduhan buron.


Tidak jelas kapan Mansouri melakukan perjalanan ke Romania tapi juru bicara pengadilan Iran, Gholamhossein Esmaeili mengatakan pada Sabtu (13/6) bahwa Mansouri telah ditangkap di sana dan akan dikembalikan ke Iran dalam waktu dekat.


Dalam sebuah pesan video, ia megaku sedang menjalani perawatan medis dan pandemik virus corona membuatnya tak bisa kembali ke Iran.


Gholamreza Mansouri terkenal karena memerintahkan penangkapan massal pada 20 wartawan pada tahun 2013, menjelang berakhirnya masa jabatan presiden Mahmoud Ahmadinejad.


Pekan lalu, pengawas kebebasan media yang bermarkas di Paris Reporters Without Borders (RSF) mengajukan pengaduan terhadap Mansouri di Jerman, di mana ia diyakini telah tinggal sebelum melakukan perjalanan ke Rumania, menuduhnya bertanggung jawab atas penangkapan dan  penyiksaandari setidaknya 20 jurnalis pada 2013. 



Berita Terkait :