Walikota Solo Akan Karantina Kalau Nekat Mudik
Walikota Solo Akan Karantina Jokowi Kalau Nekat Mudik ke Solo

Selasa, 19 Mei 2020 - 07:15:50 WIB


Wartariau.com SOLO - Walikota Surakarta Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo berharap Presiden Joko Widodo sebagai pembuat kebijakan ikut menaati aturan larangan mudik yang disampaikannya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Bila Presiden nekat mudik ke rumahnya di Sumber, Banjarsari, maka kata walikota, orang nomor satu di Indonesia itu juga wajib mengikuti program karantina yang telah disediakan.

“Pejabat atau siapapun yang mudik kami karantina. Termasuk VIP. Kalau sudah membuat aturan seperti itu, orang Jakarta jangan ke Solo lah. Biarpun itu VIP ataupun VVIP,” katanya dilansir dari detikcom (19/5)

Meski begitu, disebutkannya, masih ada kelonggaran bagi Jokowi jika ke Solo. Jokowi tak akan dikarantina jika saat ke Solo, tujuan Jokowi adalah bertugas atau berdinas. “Ya dibedakan lah, mudik dengan tugas ya beda,” kata Rudy lagi menerangkan seperti yang disampaikan pemerintah pusat.

Hal serupa juga berlaku jika Jokowi ke Solo dengan tujuan untuk berziarah ke makam orang tuanya. “Masak mau nyekar (ziarah) langsung dikarantina kan nggak mungkin. Beliau pasti kan juga langsung pulang ke sana (Jakarta),” sebut dia lagi.

Lantas dia menjelaskan bahwa Jokowi baru bisa dikarantina jika saat ke Solo dengan tujuan untuk berlibur. “Kecuali kalau Pak Jokowi berlibur ke Solo ke rumahnya, lha itu baru,” terang Rudy.

Dia juga berharap agar setiap pengambil kebijakan harus konsekuen dengan keputusannya. Apalagi kalau seorang Presiden mengeluarkan kebijakan, maka dia harus menjalankannya untuk memberi contoh kepada warganya. (*)


Berita Terkait :