Perawat di Pelalawan Positif Covid-19
Gubri Sesali Ada Pasien Tidak Jujur

Selasa, 14 April 2020 - 23:11:26 WIB


Wartariau.com PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar menyesalkan adanya seorang tenaga medis yang dinyatakan positif Covid-19. Pasien tersebut berinisial AS yang terjangkit diduga karena ada pasien yang tidak jujur saat memeriksakan diri.

''Ini yang kita sesalkan, ada tenaga medis positif Covid-19,'' kata Syamsuar, saat melakukan konferensi pers, penambahan kasus Covid-19 yang positif di Provinsi Riau, Senin kemarin.

Disebutkannya dari hasil tracing, AS merupakan tenaga medis di Pelalawan yang pernah melakukan kontak erat dari pasien positif Covid-19 sebelumnya, yakni RBT (50) dan JG (58).

''Informasi yang kami dapat, saat memeriksakan diri RBT dan JG tidak jujur saat awal berikan keterangan. Bahwa ia pernah berjalan ke daerah terjangkit,'' ungkap Syamsuar.

Karena RBT dan JG tidak jujur, maka pada saat itu AS hanya mengenakan pakaian biasa dan tidak menggunakan Alat pelindung diri (ADP) sesuai protokol kesehatan yang ditentukan.

Dari hasil tracing juga menyebut, AS sempat melakukan perjalanan ke Semarang pada tanggal 15 Maret 2020 lalu.

"Belajar dari peristiwa ini, kita meminta semua warga yang ingin memeriksakan diri agar jujur kepada petugas. Sehingga, dapat diterapkan protokol kesehatan," tukasnya.

Untuk update data pasien Covid-19 di Riau saat ini berjumlah 20 orang yang positif, dari dari jumlah itu, sudah dua pasien yang dinyatakan sembuh dan dipulangkan, dan dua pasien dikabarkan meninggal dunia.


Berita Terkait :