Banjir Kepung Kota Bangkinang
Hujan Semalam Suntuk, Banjir Kepung Kota Bangkinang

Rabu, 28 November 2018 - 21:26:35 WIB


Wartariau.com BANGKINANG - Warga Kota Bangkinang Kabupaten Kampar, Riau, hari ini, Rabu (28/11/2018) mendadak heboh karena banjir menggenangi sejumlah daerah di Kota Bangkinang. Banjir juga terjadi di wilayah Kecamatan Salo.

Dari pantauan CAKAPLAH.COM, ketinggian air bervariasi namun ada yang mencapai 1 meter. Banjir tidak hanya menggenangi pemukiman warga, tetapi juga beberapa sekolah, jalan, perkantoran, toko, warung bahkan Kolam Renang Stanum Bangkinang.

Musibah banjir akibat hujan semalam suntuk sejak Selasa (27/11/2018) malam ini ramai diperbincangkan warga termasuk di media sosial.

Peristiwa ini juga mendapat perhatian dari Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Yusri, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan PUPR Afdal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Cokroaminoto yang turun langsung melihat titik banjir di Kota Bangkinang dan Salo.

Salah seorang warga Anas (42) ketika ditemui di persimpangan Jalan KH Agussalim - Jalan Datuk Tabano Bangkinang mengakui, sepengetahuannya ini adalah banjir terparah yang pernah terjadi di Bangkinang.

Dikatakan, banjir mulai menggenangi rumah warga, toko, warung dan bangunan lainnya sejak sekitar pukul 03.00 WIB.

"Puncaknya sekitar jam 6.30 (WIB) pagi. Di sini ada setinggi paha," ujar Anas.

Meski banyak menggenangi rumah warga tapi banjir tidak berlangsung lama. Menjelang siang genangan akibat banjir sudah jauh berkurang

Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto ketika diminta tanggapannya mengatakan, untuk mencegah banjir serupa, perlu penataan ulang terhadap lokasi-lokasi yang menjadi rawan banjir, terutama di kawasan padat penduduk, sehingga jika curah hujan meningkat terus menerus sebagian kota Bangkinang akan terjadi banjir.   

Ia mengungkapkan, banjir juga disebabkan oleh penyempitan dan penyumbatan drainase karena tumpukan pasir dan sampah yang cukup banyak sehingga drainase tidak berfungsi.

Sementara itu Sekda Kampar Yusri yang terlihat mengenakan baju kaos oblong dan sepatu boot menginstruksikan Kepala Dinas PUPR Afdal untuk segera memperbaiki saluran drainase. [cakaplah]



Berita Terkait :