Raja Ampat' Ala Kampar Terbakar
Lokasi Wisata Alam Ulu Kasok 'Raja Ampat' Ala Kampar Terbakar

Kamis, 19 Juli 2018 - 18:27:41 WIB


Wartariau.com PEKANBARU - Destinasi wisata alam yang sempat menjadi viral di Riau, Ulu Kasok, Desa Pulau Godang, Kecamatan XIII, Koto Kampar, terbakar, Kamis (19/7/2018) sekitar pukul 06.20 Wib.

Sampai saat ini tim gabungan Satgas Penanggulangan Karhutla, tengah mengupayakan pemadaman di lokasi. Dua unit mobil pemadam kebakaran diturunkan.

"Kami masih upayakan pemadaman api di lokasi dengan menurunkan tim satgas Karhutla yang telah dibentuk," ujar Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kampar, Adi Chandra kepada halloriau.com, Kamis (19/7/2018).

Asap tebal yang menyelimuti Ulu Kasok yang terkenal mirip dengan Raja Ampat, Papua Barat ini, pertama kali dilihat oleh warga setempat sejak pagi tadi. Petugas yang mendapatkan informasi langsung memadamkan api.

Petugas sempat mengalami kesulitan, karena medan kebakaran bergambut. Ditambah Adi, cuaca dan angin yang begitu kencang membuat api sulit dikendalikan petugas.

"Sejumlah mesin pemadam kebakaran telah dikerahkan di lokasi. Sulitnya medan, membuat kita harus memblokir api agar tidak meluas kemana-mana," beber Adi.

Selain pemadaman untuk jalur di darat, pihaknya harus kordinasi dengan jalur udara agar segera menurunkan helikopter pengebom air. Jika kebakaran meluas hingga ke puncak, secara langsung dapat disegerakan ke lokasi.

"Kita juga telah menjalin komunikasi dengan Satgas Udara mengerahkan helikopter bom air. Hanya antisipasi saja jika sampai ke puncak kebakarannya, harus mengerahkan helikopter," terang Adi.

Ulu Kasok yang terletak di Desa Pulau Godang Kecamatan XIII Koto Kampar ini, memiliki nilai eksotis tersendiri bagi para pengunjung. Tidak heran, wisata alam yang mirip dengan Raja Ampat di Papua Barat ini, diminati warga luar Kampar, bahkan pelancong manca negara.

Lokasi tersebut ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar, karena daerah ini terdiri dari beberapa pulau yang terletak di tengah bendungan PLTA Koto Panjang. Air yang mengelilingi pulau dan hutan yang lebat, dapat memanjakan mata.

Jarak tempuh ke Ulu Kasok jika jalanan tidak padat hanya satu setengah jam. Lalui jalan nasional Pekanbaru-Bangkinang hingga jalan lintas Pekanbaru-Payakumbuh, Sumatera Barat. Lokasi ini hanya beberapa menit setelah pintu bendungan PLTA Koto Panjang.

Dalam sepekan terakhir, Karhutla di wilayah Riau terus meluas. Curah hujan yang terus menurun serta kondisi cuaca panas membuat titik-titik api baru bermunculan.

BPBD Riau menyatakan luas kebakaran di wilayah tersebut sepanjang awal Januari hingga medio Juli 2018 ini mencapai 2.152,91 hektare.



Berita Terkait :