BMKG:
BMKG: 29 Hotspot Mulai Kelilingi Sumatera

Rabu, 02 Mei 2018 - 17:22:15 WIB


Wartariau.com PEKANBARU - Hotspot ternyata belum sepenuhnya meninggalkan Riau. Ini terlihat dengan kembali terdeteksinya hotspot di beberapa daerah di Riau dan Sumatera.

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi 29 hotspot di Sumatera. Dari angka tersebut, 5 hotspot berada di beberapa daerah di Riau.

Informasi itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Sukisno. Kendati demikian, beberapa daerah di Riau masih berpotensi diguyur hujan.

Untuk di wilayah Sumatera hotspot terpantau Bengkulu 9 hotspor, Lampung 6 hotspot, Jambi 2 hotspot, Sumsel 4 Hotspot, Babel 3 hotspot dan Riau 5 hotspot. Lima hotspot di Riau terdeteksi di Kampar 2 hotspot, Siak 1 hotspot. Kuansing dan Pelalawan 1 hotspot.

"Memang ada terpantau hotspot di Riau. Dari 5 hotspor tersebut, 2 hotspot diantaranya memiliki level konfidence di atas 70 persen dan diduga kuat ada aktivitas kebakaran lahan dan hutan," paparnya.

Semenatara untuk malam hari Potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Rohul, Kota Dumai dan Kampar. Pada dini hari potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Inhil. Diharapkan, angka hostpot ini tidak terus berkembang menjadi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).(MCr


Berita Terkait :