Hilangkan Kebiasaan Mendengkur?
Mau Hilangkan Kebiasaan Mendengkur? Coba 7 Cara Ini

Selasa, 01 Mei 2018 - 06:37:22 WIB



    wartariau.com – Mendengkur atau mengorok adalah salah satu kebiasaan tidur yang paling menjengkelkan. Tidak hanya memengaruhi kualitas tidur Anda, tapi dapat menggangu orang yang tidur di dekat Anda.

Lalu adakah cara untuk menghentikannya? Dr Andrew Thornber, Kepala Medis di Now Patient percaya bahwa mengubah gaya hidup dapat sangat membantu mengurangi suara dengkuran. Berikut ini tujuh cara mudah menghentikan kebiasaan mengorok, seperti dilansir dari Daily Star.

1. Hindari Alkohol dan Merokok

Minum alkohol sebelum tidur dapat membuat mendengkur lebih buruk bagi banyak orang, jadi coba dan hindari minum alkohol terutama secara berlebihan untuk mencoba dan meringankan gejalanya.
Lihat juga

    Enggak Ribet Kok, Begini Cara Dapatkan Ukuran Bra yang Tepat
    Bos Enggan Naikan Gaji Anda, Ikuti Lima Trik Ini
    Trik Tepat dan Mudah Bersihkan Matras Yoga

Mengurangi rokok juga dapat meringankan masalah. Rokok bisa mengiritasi membran di hidung dan tenggorokan, yang menghambat aliran udara ketika bernapas, sehingga menciptakan suara dengkuran.

2. Kurangi Berat Badan Berlebih

Jika Anda sedikit kelebihan berat badan, maka jaringan leher Anda bisa menjadi besar dan menyebabkan dengkuran. Mengurangi sedikit berat badan dapat memperkecil jaringan leher agar berpotensi membantu mengurangi dengkuran.

3. Tidur Miring

Mendengkur sering terjadi ketika tidur telentang. Karena itu, cobalah tidur miring sebab dapat mencegah lidah jatuh ke belakang dan menghalangi tenggorokan saat tidur.

4. Buat Kamar Tetap Lembap

Udara kering dapat mengganggu hidung dan tenggorokan, sehingga membiarkan jendela sedikit terbuka di kamar Anda dapat membantu.

Ilustrasi kamar tidur/interior rumah.

5. Jaga Agar Kamar Bersih

Mendengkur sering diperparah oleh debu dan alergen yang ditemukan di kamar tidur Anda. Pastikan untuk membersihkan kamar tidur Anda secara teratur (termasuk karpet dan tirai), ganti seprai dan sarung bantal setiap minggu dan ganti bantal baru setiap dua tahun.

6. Coba Plester Hidung

Plester hidung dapat membantu mengurangi hambatan udara yang mengalir melalui saluran hidung dan membuka saluran hidung yang membantu Anda bernapas lebih mudah dan mengurangi dengkuran.

7. Gunakan Produk Peppermint

Menggosokkan minyak peppermint di sekitar hidung Anda juga dapat berfungsi membuka saluran hidung, yang memudahkan bernapas.


Berita Terkait :